dia , tanpa aku

ini novel yang gw beli beberapa hari ( red : minggu ) yang lalu . novel ini karangan ESTI KINASIH . penulis yang satu ini emang jadi salah satu penulis favorit gw selama beberapa dekade . waktu beli novel dia yang pertama - yang judulnya FAIRISH - gw langsung jatuh hati pada nih penulis . kenapa ? karena tulisan dia lucu - lucu ! XD

novel dia yang pertama judulnya FAIRISH , diterbitin tahun 2004 . tau gak ? novel teenlit FAIRISH ini jadi novel teenlit paling banyak dibaca dan oplahnya menembus angka 100.000 kopi ! beri tepuk tangan sodarah sodarah !
* prok prok prok prok *

trus nyusul novel kedua dia , CEWEK!!! yang dirilis pada tahun 2005 yang juga laris manis . trus novel ketiga dia STILL ... yang dirilis tahun 2006 yang jadi sekuel teenlit CEWEK!!! gw belom sempet baca ( red : gak sempet beli ) buat novel dia yang cewek !!! ini . tapi gw gak pengen bahas itu dulu sekarang .

novel dia yang pengen gw bahas disini yaitu novel dia yang keempat . judul nya Dia , Tanpa Aku . novel itu teramat sangat bagus ! gw sama temen temen gw baca ny aja sampe nangis nangis gak jelas gitu T.T

emang sih gak semua nya sedih .. ada lucu ny juga . gw yakin kalo lo baca pasti sedih senang campur aduk jadi satu :) :(

cerita ny tuh tentang seorang cowok . nama nya Ronald , kelas 2 SMA . dia tuh suka sama Citra , masih kelas 3 SMP . Tapi Ronald itu gak mauk PDKT dulu . dia mau nunggu dulu sampe Citra masuk SMA .

waktu Citra udah masuk SMA , Ronald seneng banget . tapi sayang nya , ternyata Citra beda sekolah sama dia dan satu sekolah sama adeknya , Reinald . udah gitu sekelas pula .

gak pake basa basi lagi , Ronald yang dari dulu emang udah naksir berat sama Citra , di malam yang sama saat Citra masuk SMA , Ronald dateng ke rumah Citra dan berniat buat 'nembak' cewek gebetan dia itu . tapi , harapan dia gak pernah terwujud . Di jalan masuk ke rumah Citra , Ronal ketabrak mobil yang lagi melaju kencang . dia pun tewas di tempat saat itu juga .

karena kejadian itu , Reinald nganggep Citra lah penyebab kematian kakak nya . Reinald sangat marah dan penuh dendam sama Citra . itu membuat sikap nya sama Citra penuh permusuhan . Citra yang gak tauk apa apa - karena waktu kejadian itu dia sendirian di rumah dan gak berani buat keluar rumah - bingung sama sikap Reinald . tiap hari kerjaan Reinald marah - marah sama Citra . walaupun hal sepele kayak Citra ngerjain PR di sekolah trus di panas" in Reinald . akhirnya kerjaan dia orang setiap hari berantem terus .

waktu dia orang berantem , bagian yang paling gw seneng tuh yang kek gini cerita nya .

karena satu persoalan , akhirnya Citra duduk sebangku sama Reinald . dan karena suatu alasan juga ( baca aja sendiri selengkapnya ) Citra gak bisa balik lagi ke bangku ny - tadi nya Citra duduk sebangku sama Loni -. dia gak bisa berbuat apa" lagi , selain harus setiap hari sebangku sama Reinald . suatu pagi , dia dateng ke sekolah . nyampe kelas dia ngeliat bangku Reinald masih kosong . berarti Reinald belom dateng . trus Citra niat buat nyontek PR matematik dia karena ada yang gak bisa dia kerjain . lagi asik" ngerjain , Reinald dateng . dan seperti biasanya , Reinald pun manas"in Citra . pertama nya Citra gak kepancing sama kata" Reinald . tapi karena Reinald gak nyerah gitu aja dan terus manas"in Citra , akhirnya tuh anak kepancing juga . dan PERTENGKARAN PUN DIMULAI !!

waktu itu 1o menit menjelang bel masuk . biasanya anak - anak sekelas udah pada dateng semua . tinggal nunggu bel masuk . ada yang nunggu di kelas ada yang nunggu di koridor . ngedenger ada pertengkaran dari dalem kelas , mereka pun langsung berbondong - bondong masuk . bagian yang gw suka yang ini :

-------------------------------------------------------------------------------------------------

"Cepet! Cepet ! Beli camilan !" seru Ian ( temen sekelas Reinald dan Citra ). "Nggak asyik nih kalo nggak sambil ngemil !"
"Patungan, oi ! Patungan ! Ceceng - ceceng !" seru Derry sambil mengeluarkan selembar seribuan dari kantongnya sendiri. Kemudian ia berkeliling di antara cowok - cowok untuk meminta seribu rupiah per orang .
"Buruaaan ! Keburu pertunjukan dramanya kelar nih !" Seru Ian tak sabar .
Derry berlari ke luar kelas menuju katin. sementara itu Didot, yang belum lama masuk kelas , cepat - cepat meraih tasnya. Dikeluarkannya kripik singkong darisana . Seplastik gede !
"Gue ada nih !" Serunya. "Ini sebenernya buat ntar , jam kosong . Tapi gak apa - apa, ntar beli lagi !" Ia melempar keripik singkong itu ke Ian. Ian menangkapnya dengan sigap kemudian berteriak keras.
"DERRY, WOOOIIII! NGGAK JADI ! UDAH ADA !!!"
Derry yang sudah berlari sampai melewati kelas sebelash cepet - cepet balik lagi dan langsung bergabung dengan teman - temannya yang sudah asyik menikmati pertengkaran Reinald - Citra .
Kubu cowok berada di pihak Citra, bukan Reinald. Iyalah ... Ngapain juga belain sesama cowok ? Rugi !
Sementara yang cewek - cewek menyaksikan kejadian itu dengan ekspresi bingung . ada tanda tanya besar di kepala mereka . baru jadian kok malah berantem melulu ? Nggak ada mesra - mesranya . Berantemnya di kelas, lagi . Nggak peduli banyak orang, lagi . Teriak - teriak , lagi ! Namun kemudian tanda tanya baru . kali ini sampai terlontar dari mulut salah satu cewek .
"Emang mereka udah jadian, ya? apa baru PDKT ? baru PDKT aj udah berantemnya udah parah gitu , apalagi jadian ? bunuh - bunuhan , kali ! "
sementara para cowok pendukung Citra, tidak peduli dan sama sekali tidak ingin tahu alasan di balik pertengkaran itu . yang penting ada tontonan seru . dengan riuh mereka memberikan support untuk Citra . dan tak lupa , sambil ngemil keripik .
"Lawan aja, Cit !" seru Ian . "Ntar kalo lo kalah , gue belain !"
"Iya. Hajar aja si Reinald , Babe !" teriak Didot .
"Kalo Reinald mukul , pukul balik , Cit !" teriak Toni .
"Kalian teriaknya jangan kenceng -kenceng dong ! Jadi gak kedengeran nih !" teriak Derry dengan volume suara mengalahkan teman - temannya .
"Nah elo , sendirinya juga teriak . Paling kenceng malah ! " Kepala Derry kemudian dijitak dari segala arah . Sambil meringis , cowok itu cepat melindungi kepalanya dengan kedua tangan .
******
bel masuk berbunyi dan tidak ada satupun yang menyadari . teriakan riuh dan kasak kusuk itu baru berhenti setelah seseorang dari kelas sebelah mendatangi kelas mereka lalu berteriak di pintu .
"UDAH BEL < WOOOI ! JANGAN BERISIIIK ! MO PADA BELAJAR NGGAK SIIIHHH ?!"
Kelas langsung hening . semua bergegas kembali ke bangku masing - masing . Reinald dan citra juga menghentikan pertengkaran mereka. sesaat keduanya saling tatap dengan sorot kesal, dongkol, marah , benci , juga malu karena sudah jadi ojek tontoan seisi kelas.
"aduh, leher gue seret nih !" Ian terbatuk batuk. "ada minum, nggak ?"
Setelah berhenti berteriak - teriak memberikan support , baru cowok - cowok itu sadar tenggorokan mereka kering . semuanya lalu ribut mencari minum .
"Lo gimana sih , Dot ? Bawa keripik nggak bawa minum . Se - ret niiihh ! " semuanya lalu menyalahkan Didot . Tidak ada cara lain , cowok - cowok supporter Citra terpaksa menahan haus sampai jam istirahat pertama nanti .
"Ssstt ! Bu Ning dateng!" Seru Rinda , yang duduk dekat pintu .

-------------------------------------------------------------------------------------------------

itu salah satu dari adegan adegan kocak karangan esti kinasih . pertama baca gw sampe ngekek gitu ( tapi ya nggak terlalu juga tapi ya gitu jadi ya kek gitu yodalah kek gitu . lho ?)
trus ada juga adegan romantis Reinald sama Citra , waktu si Reinald rela - relain nanggung malu karena diketawain satu sekolah demi bela si citra . demi ngelidungin Citra biar dia gak nanggun malu sendiri .

lalu ada juga cerita sedih , waktu Reinald tuh nyadar kalo si Ronald tuh kembali . via radio . bagian paling sedihnya tuh disini . di bagian ini gw sampe menitikkan air mata ..
setelah di itung itung , gw udah menitiikaan banyak banget air mata . kita kita 827394 mikroliter air mata . banyak kan ? T.T

pokok nya bagi kalian penggemar novel di manapun anda berada , anda wajib membaca ini !
cerita nya bagus banget . gak bakal nyesel ;)
( gak janji tapi . haha )~

2 comments:

Anonymous said...

hm yaknya lucu deh nhe crta. tp syg aku lw bc pasti 1th ndere. haha. klo dibuat komik aku mau bacany. haha

nomorsepuluh said...

haha ..
enakan novel daripada komik ..
kalo novel imajinasi kita luas ..
gak terpaku sama gambar yang adaa :)