Gonjang Ganjing SNMPTN

Gonjang ganjing SNMPTN udah dimulai! Yak, dari tanggal 10 Mei 2012 kemaren sampe 31 Mei 2012 nanti, siswa kelas XII atau alumni udah bisa melakukan pendaftaran SNMPTN tertulis. Dan alhamdulillah gue udah daftar dari tanggal 11 Mei kemaren. Kecepetan ga sih? :| Ah udah terlanjur lah. Semoga gue bisa melakukan yang terbaik tanggal 12 Juni 2012 nanti. Amin.

Nah, kan setelah daftar kita dikasih tau tempat tes kita. Alhamdulillah dengan tubuh seperti ini, gue dapet di SD Al-Kautsar. Besar harapan gue supaya kursi nya nanti gak kecil - kecil banget. Amin Ya Allah...


Kebetulan gue post di twitter. Nah, mereka pada penasaran gimana caranya kok bisa tau tempatnya. So, I will tell you gimana cara daftar, ngisi formulir, sampe dapet kartu. Tapi inget, ini buat SNMPTN tulis yang baru. It means, buat yang ikut SNMPTN undangan, ga bisa pake cara ini. Okay, here we go!

Melakukan Pembayaran
Hal pertama yang harus lo lakuin, lo harus ke Bank Mandiri dulu. Sebenernya ga harus Bank Mandiri sih. Bisa lewat Bank lain dan bisa lewat kantor POS. Alasan gue ke Mandiri karena lebih enak.

Kalo lewat bank lain, kita harus transfer ke Bank Mandiri. Daaannnn.... yang daftarin harus sekolah. Secara kolektif. Bukan sendiri - sendiri. Ribet? Memang. Jadi gue tinggalin yang ini.

Kalo lewat POS, sebenernya ga seberapa ribet. Lo ke kantor POS, ngisi resi pembayaran, kasih duit, selesai. Tapi masalahnya, nomor KAP dan PIN lo baru bisa lo dapetin 2 hari setelah lo melakukan pembayaran. Bisa lewat email ataupun SMS. Dan yang bikin gue ngeri, kalo misalnya tiba-tiba provider gue gangguan gimana? Kalo kita salah nulis email gimana? Dan yang lebih parah, kalo kita lupa password email gimana?! *mati*

Dengan berbekal keberanian, gue tinggalin dua cara di atas. Gue pun memilih bayar lewat teller Mandiri. Jadi begini yak. Lo dateng ke Bank Mandiri yang ada di kota lo. Kalo Bank Mandiri di tempat gue sih udah nyiapin tempat khusus buat pendaftaran SNMPTN. Kalo Bank Mandiri di kota lo ga ada apa apa, jangan panik. Lo cari slip kayak gini::


Slip ini ada 3 rangkap ya. Jadi jangan cuma ngambil 1 lembar. Okay, lo HARUS PERSIS isi datanya seperti di bawah ini. Harus hati - hati loh. Salah salah uang bisa melayang. *jengjeeenngg*

PENERIMA
Nama : PEMBAYARAN SNMPTN 2012
Bank : MANDIRI
Berita untuk Penerima : *ddmmyyyy / Jurusan. Contoh: 19 04 1994 / IPA*

PENGIRIM
Nama : *Nama lo. Contoh: Bambang Susilowati*
Alamat dan nomor telepon : *Nomor telepon aja. Alamat ga usah. Contoh: 086573647382*

SUMBER DANA TRANSAKSI
Jumlah setoran/transfer/kliring/inkaso : *Isi sesuai jurusan*

nb: IPA/IPS Rp150.000,- | IPC Rp175.000,- | Ujian Keterampilan Rp150.000,-/Ujian Keterampilan

Jangan lupa tanda tangan! Oh iya, nama yang lo isi disini, HARUS SAMA sama nama lo sampe tanggal 12 Juni nanti. Maksudnya? Misal nama lo Bambang Susilowati. Di slip ini lo singkat Bambang S. Di website lo singkat B. Susilowati. Waktu ujian nama lo di LJK Bambang Susilowati. Harap bersabar lah. Karena nama lo ga akan masuk waktu penilaian SNMPTN nanti. Dan lo pasti akan langsung gugur. Hati hati!

Setelah ngisi itu, kasih ke teller nya. Nanti lo akan dikasih copy-an slip tadi. Nomor KAP dan PIN lo ada di kolom VALIDASI. Persis sepertin ini:

12 digit nomor KAP dan 16 digit nomor PIN
Daftar di website
Setelah dapet nomor KAP dan PIN, lo buka website resmi SNMPTN. Atau kalau mau langsung, klik laman pendaftaran SNMPTN disini. Lo bakal ketemu kayak gini:


Isi sesuai data yang ada. Gue kasih bocoran aja nih ya biar lo ada persiapan gitu. Ada 3 data yang harus lo isi. DATA PERSONAL, DATA PENDIDIKAN, dan DATA PILIHAN.



Soalnya apa yang lo isi dan udah lo submit, TIDAK AKAN PERNAH BISA DIGANTI LAGI. *sengaja huruf besar semua *warna merah pula *biar panik*


Oh iya, selama ngisi data, lo akan disuruh upload pas foto. Inget! PAS PHOTO. Soalnya tahun kemaren, panitia kewalahan gegara yang ngirim foto banyak yang kayak foto profil pesbuk. Ada yang tangan di atas, Senyum senyum. Banyak lah. Yang bener, ukuran minimal 400x600 pixel, maksimal 100KB. Lebih lengkap nya cek disini.

Dapatkan kartunya!
Abis ngisi semuanya, dan taraaaa!!! Finally, lo bakal menuju suatu laman terakhir dan lo akan mendapatkan kartu!

Kece ya? Mau muntah silahkan :3

Dan maka berakhir lah proses pendaftaran kita. Tinggal berjuang lebih keras, dan menunggu untuk bertempur tanggal 12 Juni 2012! Fight agis! Pasti bisa! \m/

Saran gue cuma satu sih. Pastiin dari jauh jauh hari kalo internet lo gak bermasalah. Who knows kalo misalnya lo lagi daftar, lagi upload foto, tiba-tiba koneksi lo mati. Jengjeeennggg. Wallahualam deh :p

Sorry buat yang undangan. Gue gatau gimana daftarnya. Soalnya ada beberapa yang beda. Oh iya, FYI aja sih, buat yang dapet SNMPTN Undangan bisa daftar untuk SNMPTN tulis sekarang. Tapi yang SNMPTN Undangan nya ikut Bidik Misi, harus nunggu pengumuman tanggal 28 Mei 2012 kalo mau daftar.

Yap. Selesai sudah. Kalo masih belom jelas bisa komen di bawah atau mention twitter gue @agiissss. Sekian :*

Source:

8 comments:

Azizatul Auliya said...

waah udah daftar ya, aku masih ragu milih jurusan...
:(

Ratu B Anasa said...

Iya udah :D
Ayoooo jangan galau lagi! Ganyampe sebulan lagi loh ;)

Iva Mairisti said...

Waahh,, mau ikutan SNMPTN ya, aku punya kenangan buruk sma SNMPTN. Sukses ya n semoga lulus ujiannya.

Ratu B Anasa said...

Aaaaaaaaa semoga gue bisa suksesss :D
Amiinnnn maaci kakaaakk :*

Indandah said...

nice info...

. aku kan belum punya ktp n SIM .. terus gmana???

Ratu B Anasa said...

indandah: Pake kartu pengenal lain. Kartu pelajar bisa. Atau kalo ga punya, Kartu KK boleh :3

eatable monster said...

tanya dong, waktu ngisi data pribadi kan ada pilihan "berikutnya" sama "keluar" kalo kita milih keluar, bisa login lagi nggak? help.. a.s.a.p

Ratu B Anasa said...

Kayaknya sih bisa. Gamungkin panitia nyiapin tombol keluar kalo gabisa :)